Bisnis atau usaha snack kiloan bisa menjadi pilihan usaha rumahan. Bahkan juga bisa menjadi peluang usaha. Snack menjadi komoditas yang cukup banyak diminati karena memiliki berbagai macam rasa, bentuk, varian dan lainnya. Selain itu dari segi harga juga cukup terjangkau.
Biasanya pelanggan yang membeli snack kiloan adalah yang memiliki usaha warung atau usaha repacking snack menjadi lebih kecil atau lebih mudah dijual. Selain itu, banyak juga yang membelinya karena memang untuk kebutuhan camilan di rumah.
Peluang Usaha Snack Kiloan
Masih banyaknya warung dan rumah makan di sekitar menjadi indikator bahwa peluang bisnis snack kiloan masih cukup menjanjikan. Beberapa tahun terakhir, snack di era 90-an kembali naik daun dan banyak dicari konsumen. Tren ini masih terus naik dan membuat banyak penjual snack kiloan jadul bermunculan. Berarti masih banyak permintaan akan snack jadul ini di pasaran.
Dengan membuka usaha snack kiloan, Anda berarti membeli snack dalam jumlah besar yang dijual kembali dengan gramasi lebih kecil. Dengan begitu, Anda bisa menjualnya kembali dengan ukuran lebih kecil. Bahkan Anda bisa membuat dan menempelkan brand Anda sendiri pada kemasan yang dikemas ulang.
Baca juga: Modal Usaha Snack 2000an Beserta 10 Ide Usahanya yang Laris
Cara Memulai Usaha Snack Kiloan
Untuk memulai bisnis ini, tentunya perlu memperhatikan beberapa hal seperti:
1. Modal awal
Kunci dalam usaha ini adalah menemukan supplier yang tepat. Ketika memilih supplier Anda juga perlu melihat kualitas dan harga yang ditawarkan. Hal tersebut karena usaha yang Anda bangun akan bergantung pada kualitas produk yang akan dijual.
Modal awal untuk menjalankan bisnis ini termasuk tidak terlalu besar. Misalnya untuk membeli 1 bal makanan kering, seperti keripik, harganya sekitar Rp50-Rp70 ribu. Dari kemasan besar tersebut, Anda bisa menjualnya kembali tiap 100 gr, misalnya dengan harga Rp15 ribu.
2. Buat daftar jajanan yang dijual per kilogram
Buat beberapa daftar atau jenis snack kiloan yang ingin Anda buat. Sebelumnya Anda perlu melakukan riset, mana snack kiloan yang ramai di pasaran. Caranya dengan melihat usaha snack kiloan yang cukup laris dan kemudian lihat jenis camilan apa yang banyak dibeli konsumen.
3. Pilih nama dan merek yang disukai
Anda perlu mempertimbangkan nama dan merek usaha Anda sendiri ketika ingin membuka usaha snack kiloan. Komponen tersebut termasuk dalam branding. Memiliki nama dan brand sendiri akan bermanfaat pada reputasi usaha Anda sendiri. Jika Anda sudah menerapkan strategi pemasaran dan branding yang kuat, maka konsumen akan lebih mudah mengenal brand snack Anda.
4. Meningkatkan penjualan online dan offline
Agar Anda bisa mendapatkan pasar yang lebih besar, manfaatkan platform online dan offline untuk berjualan. Anda bisa berjualan di area yang memang ramai seperti dekat sekolah, fasilitas umum, atau dekat dengan tempat wisata.
Sedangkan untuk online, Anda bisa memanfaatkan media sosial atau e-commerce. Biasanya penjualan di online akan lebih banyak menarik perhatian sehingga usaha Anda bisa lebih banyak dikenal orang.
Itulah peluang dan cara yang bisa dilakukan jika Anda ingin membuka usaha snack kiloan di rumah.