Menganalisis Strategi Pemasaran Indomie, Mie Lokal yang Mendunia
Menganalisis Strategi Pemasaran Indomie, Mie Lokal yang Mendunia

Siapa yang tidak mengenal merek mie yang satu ini, mie lokal yang terkenal di Indonesia bahkan mendunia. Mie ini bahkan sudah banyak dipasarkan hingga ke beberapa negara tidak hanya di Asia Tenggara saja, melainkan juga ke Eropa. Hal tersebut tentu saja tidak bisa terjadi tanpa strategi pemasaran Indomie yang tepat.

Lalu, bagaimana strategi pemasaran yang mereka lakukan hingga bisa berkembang secara luas dan tetap bisa menyaingi beberapa kompetitornya di bidang yang sama? Berikut ulasannya.

Sejarah Indofood

Sebelum masuk lebih dalam mengenai strategi marketing yang mereka lakukan, ada baiknya mengenal lebih dahulu mengenai Indofood. Indofood adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri makanan serta minuman di Indonesia. Melansir dari Indofood.com, perusahaan tersebut pertama kalinya didirikan pada 1990 dengan nama PT Panganjaya Intikusuma. Kemudian pada 1994, perusahaan naungan keluarga Sudono Salim atau dibawah Salim Group mengganti nama perusahaan menjadi PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. 

Tidak hanya Indomie saja, perusahaan ini juga menciptakan beberapa jenis produk seperti mie instan, makanan bayi, makanan ringan, minyak dan margarin, tepung dan pasta, serta minuman. Beberapa contoh brand yang terkenal dari perusahaan ini seperti Indomie, Chitato, Bimoli, Indomilk dan lainnya. 

Baca juga: Nikmati Mie Instan Sehat Tanpa Kandungan MSG dan Zat Berbahaya

Strategi Pemasaran Indomie Dalam Bisnis

Bagi sebuah bisnis, sebelum terjun untuk melakukan pemasaran pastinya harus melalui beberapa proses lainnya seperti survei pasar. Survei pasar akan dibutuhkan untuk mengetahui keperluan mendasar yang konsumen butuhkan, sehingga seorang pebisnis bisa memberikan produk yang sesuai dengan kebutuhan. 

Survei tersebut berguna untuk menentukan tujuan dari bisnis, setelah itu dilakukan strategi pemasaran melalui beberapa cara, sebagai berikut:

1. Inovasi Produk

Salah satu strategi pemasaran yang dilakukan Indomie untuk meningkatkan penjualan adalah dengan berinovasi pada produk mie mereka, dalam hal ini menciptakan varian rasa baru. Anda pasti sudah paham bahwa Indomie memiliki banyak sekali varian rasa yang menarik. Salah satu contohnya di tahun 2021 Indomie mengeluarkan mie Goreng Rendang yang menjadi populer di kalangan masyarakat. 

Contoh lainnya, mereka juga mengeluarkan varian Indomie goreng rasa kebab rendang yang merupakan gabungan dari rasa rendang dan kebab. Selain rasa tersebut, mereka juga mengeluarkan mie varian rasa bolognese yang belum pernah ada sebelumnya. 

2. Tagline yang mudah diingat

Strategi pemasaran Indomie yang selanjutnya adalah menggunakan tagline untuk memasarkan produk baru sekaligus untuk meningkatkan penjualan. Slogan atau tagline  yang baik akan berguna agar bisa lebih mudah dan diingat lebih lama oleh masyarakat. Dengan begitu citra merek yang baik akan melekat pada masyarakat. 

Beberapa tagline Indomie yang mudah diingat seperti “Seleraku”, “Bikin Nagih”, dan “Lebih dari Sekadar Mie”. Tagline tersebut tidak hanya mudah diingat, namun juga bisa menggambarkan karakteristik serta nilai dari produknya. 

Secara keseluruhan, penggunaan tagline akan berguna untuk mempromosikan bahwa ada produk baru hingga meningkatkan penjualan. 

3. Jingle yang menarik 

Membuat jingle yang menarik bisa termasuk dalam strategi pemasaran Indomie. Jingle merupakan musik atau lagu pendek yang dibuat guna mempromosikan produk atau merek tertentu. Jingle yang unik, tentunya akan lebih melekat di masyarakat, salah satu contohnya jingle Indomie.

Melalui jingle yang menarik tersebut, Indomie berhasil membangun loyalitas konsumen pada produk mereka. Selain itu, jingle yang mereka buat juga bertujuan untuk mempromosikan varian mie baru. Dengan kata-kata yang menarik, produk tersebut bisa lebih dikenal oleh masyarakat karena menimbulkan rasa ingin tahu. 

4. Menggunakan publik figur untuk promosi

Tidak jarang brand besar menggunakan publik figur untuk membantu mempromosikan produk mereka. Hal tersebut juga dilakukan oleh Indomie sebagai strategi pemasarannya. 

Publik figur biasanya memiliki jumlah pengikut yang banyak di sosial media mereka. Banyaknya pengikut bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan brand awareness untuk sebuah produk baru. Biasanya publik figur yang diajak adalah yang memiliki kesesuaian dengan produk yang dipromosikan. Contohnya Indomie yang pernah bekerja sama dengan penyanyi Indonesia Vidi Aldiano, untuk memperingati hari jadi Indomie yang ke lima puluh tahun. 

Dengan menggunakan publik figur, Indomie bisa meningkatkan eksposur merek mereka dan bisa memanfaatkan media sosial dengan jangkauan yang lebih luas. 

5. Menggunakan berbagai macam media iklan

Indomie menggunakan berbagai macam media iklan sebagai bagian dari strategi pemasarannya. Hal ini ditujukan agar bisa menjangkau konsumen potensial secara lebih luas dan efektif. Beberapa media iklan yang digunakan Indomie seperti:

  • Iklan televisi: Anda pasti sudah banyak tahu iklan Indomie yang muncul di televisi apa saja. Televisi memang menjadi media yang efektif dalam menarik perhatian karena visual dan juga narasinya yang mudah dicerna. 
  • Iklan radio: Selain menggunakan televisi, radio juga dimanfaatkan oleh Indomie untuk mengiklankan produk baru mereka. Hal tersebut dilakukan karena radio bisa menjangkau masyarakat yang ada di luar rumah. 
  • Iklan media sosial: Untuk era sekarang, media sosial menjadi media yang cukup efektif untuk promosi. Berbagai platform media sosial dimanfaatkan Indomie untuk menarik perhatian konsumen seperti Instagram, Facebook hingga Twitter. 

6. Konsep iklan yang berbeda

Strategi pemasaran Indomie dengan menggunakan iklan yang berbeda di setiap jenis produk, berguna agar produk Indomie lebih menarik serta memperkuat citra Indomie yang memiliki berbagai varian rasa mie. Beberapa cara yang dilakukan Indomie dalam membuat iklan dengan konsep yang berbeda di setiap jenis produknya:

  • Tema yang berbeda: Indomie menggunakan tema iklan yang berbeda-beda di setiap jenis varian mie yang berbeda yang hendak mereka promosikan. Hal ini tergantung pada karakteristik produk dan target pasar. 
  • Endorsement: Indomie juga seringkali menggunakan influencer atau selebriti untuk mengiklankan produknya. Walaupun begitu, setiap varian produknya akan menggunakan influencer yang sesuai dengan karakteristik produk. 

Setiap bisnis tentunya membutuhkan strategi pemasaran yang tepat agar bisa tersampaikan pada target pasar sehingga penjualan bisa meningkat. Salah satunya dengan inovasi produk dimana Anda perlu membuat beberapa varian formula yang berbeda untuk produk mie instan agar lebih menarik perhatian konsumen.

Membuat produk dengan berbagai formula berbeda dapat Anda lakukan dengan mudah jika berpartner bersama Jasa Maklon Bumbu Nutrisius. Anda bisa berkonsultasi dengan tim RnD kami untuk menentukan formulasi produk baru. Cara dengan menghubungi Layanan Kami secara gratis untuk konsultasi lebih lanjut.